RSS

Tips Sukses UAN

Tekhnik mencontek UAN

1. Bocoran Soal, ini tekhnik yang paling sering dipakai. Apalagi oleh anak-anak sekolah yang berduit. Kisaran harga soalnya sendiri bisa mencapai Rp 100.000,-/soal nya. Bocoran ini bisa anda temukan di glodok. Toko-toko buku pinggiran. Kalau gak ketemu-ketemu juga silahkan anda menemui tukang kebun Depdikbud. Kasih uang muka atau DP ke tukang kebunnya buat nyolong soal di meja atau lemari mentri Depdikbud.Sistem pembayaran Dp dimuka dan dibayar setengah lagi setelah barang diterima sangat dianjurkan. Lebih baik anda cari kertas soal daripada kertas jawaban. Karena kertas jawaban amat meragukan dan tidak terjamin. Tentunya setelah mendapatkan soal anda dihadapkan oleh 2 cara terakhir yang harus anda pilih. Yaitu menghapal Pilihan Gandanya atau mencatatnya di kertas kecil. Mengenai jurus "contekan kertas kecil" akan saya bahas lebih lanjut pada point kedua.


2. Contekan Kertas Kecil
Ini adalah jurus sejuta umat. Isi dari contekan ini bisa berupa jawaban dari bocoran yang sudah anda cari jawabannya. Ataupun berupa rumus-rumus yang sulit anda ingat susunan polanya. Tapi ingat menyontek pun perlu belajar. Yang anda catat adalah point-point penting yang berguna sebagai reminder anda. Anda tidak mungkin mencatat seisi buku untuk dijadikan contekan. Kertas kecil bisa diletakkan di laci meja. Sekolah anda tidak menyediakan fasilitas laci? Tidak masalah. Anda bisa meletakkannya di kantung baju anda, tapi agak riskian. Cara lainnya anda bisa meletakkannya di ikat pinggang celana anda, atau kaus kaki tapi bau, atau kalo memang razia terlalu ketat, terpaksa di pakaian dalam anda ataupun celana dalam anda. Yang penting kertas contekan harus bisa lolos dari petugas imgrasi sekolah.

3. Pandangan Mata
Point yang sederhana tapi seringkali tidak diperhatikan oleh kita. Pada umumnya mereka yang melakukan tindakan contek selalu memandang wajah guru pengawas terlebih dahulu, berharap situasi aman. Padahal justru yang anda lakukan ini sangatlah fatal!! Tatapan mata kepada pengawas saat ujian 99% menunjukkan kekhawatiran anda karena hendak melakukan suatu tindak kriminal. Saran saya adalah jangan pernah tatap mata pengawas/guru anda. Sesekali boleh lah. Terlalu sering akan mengakibatkan kecurigaan pada anda menjadi bertambah. Dan pada akhirnya anda biasa dihadapkan pada kasus pidana.

4. Tanya Temen
Cara ini sangat menuntut rasa setiakawan dan solidaritas tinggi. Cara ini hanyalah untuk mereka yang sungguh mengerti artinya "sahabat" yaitu teman yang bisa diajak berbagi terutama disaat suka dan duka. Duka ketika anda tidak tahu jawaban yang seharusnya. Dan suka ketika teman anda berhasil mengerjakan soal yang sulit. Persahabatan sejati diuji lewat cara ini.

5. Berdoa
Seperti biasa, sebelum melakukan kegiatan apapun yang mengharapkan keberhasilan kita selalu berdoa. Begitu juga sebelum mencontek, kita harus banyak-banyak berdoa. Tapi doa kita bukanlah doa mohon kesuksesan mencontek, melainkan doa memohon pengampunan karena esok akan mencontek. Berharaplah sehingga yang di atas bisa berbelas kasih dan menghilangkan kecurigaan pengawas anda kepada anda tentunya.

Akhir kata saya ucapkan buat teman-teman yang akan menghadapi UAN.
Selamat mencontek dan semoga sukses...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar